Reklamasi Tumpang Sari ESQ

Reklamasi areal bekas tambang di Provinsi Bangka

Tumpangsari merupakan upaya peningkatan produktivitas lahan, lapangan kerja, ketahanan pangan, penyelamatan dan keamanan kawasan hutan.

ESQ LEADERSHIP TRAINING “CHANGE START WITH ME” PT INHUTANI V

Berita

PT INHUTANI V (Persero) dan BKSDA PROVINSI LAMPUNG SOSIALISASIKAN MASYARAKAT PEDULI API (MPA)

« Back

11 September 2014

LAMPUNG. Kebakaran hutan dan lahan menjadi isu global di dunia internasional. Kejadian kebakaran hutan dan lahan ini seolah menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat sekitar maupun masyarakat luas, karena kerugian yang ditimbulkan bukan hanya dari api namun asap dari kebakaran hutan menjadi dampak yang sangat merugikan masyarakat. Saat ini yang terjadi di Indonesia bukan lagi kebakaran hutan tetapi kebanyakan adalah kebakaran lahan yang sengaja dibakar untuk kepentingan ladang maupun kebun.

PT Inhutani V (Persero) bersama dengan BKSDA Provinsi Lampung mensosialisasikan tugas dan kepedulian MPA (Masyarakat Peduli Api) di Register 42 Desa Karya Agung Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan. Tujuan dari sosoalisasi adalah sebagai upaya pengendalian pencegahan sedini mungkin kebakaran lahan dan hutan melalui peran aktif masyarakat disekitar hutan untuk memiliki kesiagaan dalam menghadapi dan mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan di wilayah areal kemitraan PT. Inhutani V (Persero).

Masyarakat sangat antusias menerima kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar. Kegiatan sosialisasi Masyarakat Peduli Api (MPA) dihadiri mayarakat desa sekitar Register 42, Sekretaris Camat Negeri Agung, Kepala Desa Kry Agung, Ketua-ketua kelompok tani, Pengurus KUD, Pemuka agama dan Tokoh adat serta dari Pemerintahan selaku pelaksana adalah BKSDA Provinsi Lampung, KPH Bukit Punggur.

Keberhasilan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan merupakan  implementasi di lapangan yang konsisten  dari hasil kerja sama pemerintah daerah, pemerintah pusat, pengusaha dan masyarakat yang dituangkan  dalam suatu rencana aksi. al