Reklamasi Tumpang Sari ESQ

Reklamasi areal bekas tambang di Provinsi Bangka

Tumpangsari merupakan upaya peningkatan produktivitas lahan, lapangan kerja, ketahanan pangan, penyelamatan dan keamanan kawasan hutan.

ESQ LEADERSHIP TRAINING “CHANGE START WITH ME” PT INHUTANI V

Berita

PT. INHUTANI V UNIT BANGKA MELAKSANAKAN AUDIT VLK

« Back

21 October 2014

JAKARTA. Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai inisiatif terkait dengan tata kelola kehutanan yang baik dan pemberantasan pembalakan liar, termasuk upaya perbaikan peraturan di bidang pengelolaan hutan produksi dan penegakan hukum di bidang kehutanan.

Melalui proses yang panjang dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan kehutanan maka pada tanggal 19 Juni 2014 Menteri Kehutanan telah menetapkan Peraturan Menteri Kehutanan No.P.43/Menhut-II/2014 tentang Penilaian Kinerja Pengelolaan Hutan Produksi Lestari dan Verifikasi Legalitas Kayu pada Pemegang Izin atau pada Hutan Hak. Penjabaran lebih lanjut ditetapkan melalui Peraturan Dirjen BUK No.P.5/VI-BPPHH/2014 tanggal 14 Juli 2014 tentang Standar dan Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Pengelolaan Hutan Produksi Lestari dan Verifikasi Legalitas Kayu. Implementasi dari Peraturan Menteri Kehutanan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kredibilitas produk perkayuan dan pada saat bersamaan diharapkan akan memperbaiki harganya sehingga pengusaha hutan Indonesia akan lebih mampu melaksanakan pengelolaan hutan lestari.

PT Inhutani V Unit Bangka baru saja melaksanakan audit kesesuaian standar Verifikasi Legalitas Kayu (VLK) oleh Tim Auditor LVLK  PT. Trustindo Prima Karya dari tanggal 6 Oktober – 12 Oktober 2014 dengan lingkup sertifikasi seluas ± 16.730 Ha di Kabupaten Bangka Provinsi Bangka Belitung sesuai SK IUPHHK – HT No. : SK.377/Menhut-II/2009 tanggal 25 Juni 2009.

Standart acuan audit yang digunakan sesuai dengan lampiran 2.1 Peraturan Direktur Jenderal Bina Usaha Kehutanan No.P.5/VI-BPPHH/2014 tanggal 14 Juli 2014.

Kegiatan audit yang dilakukan meliputi pertemuan konsultasi publik dengan tokoh masyarakat/desa sekitar lokasi IUPHHK-HT PT Inhutani V Unit Bangka, verifikasi dokumen perusahaan, diskusi, wawancara dan observasi lapang. Al